Tips Memakai Ekspedisi Pengiriman Mobil





Kali ini, kami akan membagikan tips tentang bagaimana cara memilih dan menggunakan jasa ekspedisi kirim mobil. Selain tujuannya untuk mendapatkan yang murah, tips ini juga berguna untuk mencari ekspedisi yang aman dan terpercaya.

1. Periksa jangkauan pengiriman ekspedisi
Setiap ekspedisi memiliki kapasitas jangkauan pengiriman yang berbeda-beda. Jika Anda ingin berencana kirim mobil ke luar pulau, maka sebaiknya gunakan ekspedisi kirim mobil yang menyediakan layanan pengiriman lebih luas, misalnya pengiriman mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, atau ke Sumatera.
Pemeriksaan jangkauan pengiriman juga berguna untuk mengecek SOP apa yang digunakan oleh mereka untuk melayani pengiriman mobil.

2. Didukung fasilitas dan sarana yang memadai

Fasilitas penunjang kebutuhan jasa pengiriman mobil dapat berupa fitur tracking untuk melacak status pengiriman menggunakan nomor resi, fitur cek tarif untuk mengetahui biaya pengiriman mobil dari dan ke tempat tujuan konsumen.
Meskipun fasilitas ini tidak wajib ada pada beberap ekspedisi tapi jika Anda memilih mereka yang memiliki fasilitas seperti ini akan lebih tenang dan nyaman.
Selain fasilitas di atas, fasilitas lain yang dapat menjadi opsi adalah packing mobil, asuransi, dan tenaga ahli bongkar muat mobil.

3. Pilih jenis transportasi yang tepat

Biasanya, ada 4 jenis tranportasi pengiriman mobil, yaitu car carrier, towing, container, self-driver, dan container.

Car carrier adalah layanan pengiriman mobil dengan kondisi mobil dikumpulkan menjadi satu di dalam truk berukuran besar. Towing adalah pengiriman mobil menggunakan satu truk, biasanya truk engkel atau truk cdd, tapi mobil tidak dicampur dengan milik orang lain. Container adalah pengiriman mobil yang disimpan dalam peti kemas (container), biasanya kirim mobil pakai container dikhususkan untuk mereka yang kirim ke luar pulau atau antar provinsi.

4. Pilih layanan dengan biaya sesuai budget
Gunakan jasa pengiriman port to port jika ingin mendapatkan biaya yang lebih murah, dan gunakan jasa pengiriman door to door jika ingin mendapatkan layanan pengiriman yang tidak ribet.
Port to port adalah layanan pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan. Sedangkan door to door adalah layanan pengiriman dari tempat konsumen ke tempat tujuan keinginan konsumen.

5. Perhatikan jadwal kirim mobil

Pada hari-hari tertentu, ekspedisi kirim mobil akan mendapatkan jumlah konsumen yang terlalu berlebihan (overload), seperti pada hari lebaran, natal, akhir tahun atatu hari besar dan perayaan lainnya. Sangat direkomendasikan untuk menghindari hari-hari seperti itu. Karena, dengan adanya overload shipping, dikhawatirkan ekspedisi akan mempercepat proses pengiriman tanpa memperhatikan kualitas layanan.

6. Dampingi petugas ekspedisi

Pada saat mengajukan proses pengiriman mobil, sangat dianjurkan untuk mendampingi tenaga ahli yang bertugas pada setiap detail, seperti packing mobil, bongkar muat mobil dan pengirimannya.
Mendampingi petugas yang mengirim mobil dapat dilakukan dengan menggunakan nomor resi untuk melacak status keberadaan mobil yang dikirm seara real time.


7. Gunakan asuransi pengiriman mobil yang terpercaya

Cara kirim mobil aman lainnya adalah dengan menggunakan jasa asuransi yang terpercaya, dari ABB, ataupun asuransi lainnya. Ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan mereka akan menawarkan harga yang lebih murah kepada Anda.

8. Cocokan data pada surat jalan pengiriman mobil

Usahakan setiap detail pada surat jalan pengiriman mobil terisi sesuai dengan kesepatakan dan kondisi mobil yang akan Anda kirim.

9. Pilih ekspedisi kirim mobil dengan reputasi bagus

Di seara Anda dapat melihat mana saja ekspedisi yang memiliki reputasi bagus dan jelek. Reputasi tersebut berupa bintang yang tersisipkan di samping nama vendor ekspedisi.
Dimana bisa mencari ekspedis kirim mobil yang memiliki layanan sesuai dengan tips di atas?

Temukan jawabannya hanya di kami, yaitu seara dengan cara menghubungi kami melalui halaman khusus untuk mendapatkan bantuan penuh tentang pengiriman mobil.

source

Comments

Popular posts from this blog

Tips agar mobil tetap aman saat kelebihan muatan saat mudik